Contoh Materi dan Jadwal Belajar Homeschooling (free pdf)

Sebagian orangtua yang mau memulai homeschooling untuk anaknya, rata-rata bingung mengenai materi dan penjadwalan. Ada yang memilih memakai buku-buku keluaran Depdiknas, lalu mengajari anak sebagaimana guru mengajar di sekolah, ada juga yang mencoba merancang kurikulum sendiri.

Dulu, di awal homeschooling, kebingungan serupa sempat melanda saya. Setelah banyak belajar di sini dan di sana. Intip-intip metode belajar anak-anak homeschooling lain, dicampur hasil bacaan saya terhadap kurikulum pendidikan beberapa negara maju, akhirnya saya merancang sendiri materi dan metode belajarnya. Memang sulit sih, tapi saya belajar sambil jalan (atawa learning by doing). Beberapa orang sempat (dan masih) skeptis terhadap kemampuan saya. Rata-rata mereka bilang, "nasib anak kok dipertaruhkan." Lah...memangnya kita semua tidak mempertaruhkan nasib anak kita? Ada yang mempertaruhkannya di tangan orang lain (sekolah), ada yang mempertaruhkannya di tangan sendiri. Kalau kita bisa mempercayakan nasib anak kita di tangan orang lain yang tidak tahu apa-apa tentang anak kita sebelumnya, mengapa kita tidak mempercayai diri sendiri? Bukankah kita yang jauh lebih mengenal anak ketimbang orang lain? Kalau ada apa-apa pun dengan anak, toh kita juga yang akan menyelesaikan urusan. Jadi, menurut saya, apa pun pilihan tempat pertaruhan, pastikan ada kepercayaan kita di dalamnya. Kepercayaan yang tidak ngasal atawa membabi buta. Kepercayaan yang didasari atas argumen rasional, bukan emosional.

Kali ini, saya mau memposting contoh materi dan jadwal belajar anak-anak saya. Jika ada orangtua yang masih mencari-cari bentuk, mungkin metode belajar kami berikut bisa menjadi panduan. Saya tidak mengajari anak permateri, sebagaimana di sekolah umum. Saya dan anak-anak lebih memilih mengerjakan proyek-proyek belajar. Ada proyek belajar yang target selesainya dalam hitungan bulan, ada pula yang mingguan. Belajar pada dasarnya adalah sebuah proses, jadi banyak bersabarlah.
Berikut ini contoh materi homeschooling anak saya Ayesha (9,5 th). Sila didownload di sini
dan ini adalah contoh materi homeschooling Alifa (5,5 th). Sila didownload di sini

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Free PDF- Rancangan Belajar Homeschooling

Mengapa Anak Jadi Sangat Rewel Saat Bersama Ibunya?